- Berorientasi Pelayanan :
“Kami berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat”
Panduan Perilaku :
- Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
- Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.
- Melakukan perbaikan tiada henti.
Perwujudan Perilaku :
- Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dengan proaktif.
- Memenuhi kebutuhan masyarakat dengan responsif.
- Melayani masyarakat sesuai tupoksi.
- Menyelesaikan keluhan masyarakat dengan pendekatan komunikasi yang persuasif.
- Menuntaskan semua pekerjaan.
- Mengucapkan salam dan sapa saat melayani.
- Menyediakan informasi yang aktual dan akurat.
- Melayani dengan standard yang sama kepada semua pihak, tanpa memandang kedudukan, jabatan, suku, agama, ras dan jenis kelamin.
- Memperbaiki tata kelola layanan manajemen ASN dengan inovatif.
- Menindaklanjuti setiap kritik dan saran.
- Melakukan benchmarking untuk mendapatkan wawasan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan.
- Akuntabel :
“Kami mampu mengemban amanat dan kepercayaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab”
Panduan Perilaku :
- Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.
- Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.
- Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.
Perwujudan Perilaku :
- Memenuhi janji dan komitmen.
- Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
- Bertanggung jawab atas hasil kerja dan bersedia dievaluasi.
- Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme.
- Memanfaatkan fasilitas BMN sesuai dengan peruntukannya.
- Mencari alternatif cara penggunaan sarana prasarana, bahan, dan alat kerja yang lebih hemat.
- Mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi atau golongan.
- Mengambil keputusan dengan objektif saat terjadi konflik kepentingan.
- Kompeten :
“Kami meningkatkan kompetensi diri dengan terus belajar”
Panduan Perilaku :
- Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.
- Membantu orang lain belajar.
- Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.
Perwujudan Perilaku :
- Meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri secara terus-menerus.
- Bertukar pikiran dan berdiskusi dengan rekan kerja, bawahan dan atasan.
- Belajar secara mandiri maupun kolaboratif dengan antusias.
- Memberikan kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapat.
- Membagikan pengetahuan dan pengalaman melalui diskusi, dialog dengan rekan kerja, bawahan dan atasan.
- Menyusun rencana kerja/aggaran dengan spesifik.
- Melaksanakan rencana kerja/anggaran sesuai target yang ditetapkan.
- Menjalankan seluruh peraturan manajemen ASN yang berlaku.
- Mengevaluasi peningkatan kinerja diri.
- Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas.
- Harmonis :
“Kami saling peduli, menghargai dan bertoleransi dengan perbedaan”
Panduan Perilaku :
- Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
- Suka menolong orang lain.
- Membangun lingkungan kerja yang kondusif.
Perwujudan Perilaku :
- Berlaku adil kepada setiap orang tanpa memandang, kedudukan, jabatan, latar belakang, suku, agama, ras dan jenis kelamin.
- Menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan dan stakeholder.
- Menghormati gagasan yang disampaikan orang lain.
- Membantu orang lain dengan responsif.
- Memberikan solusi dan/atau informasi sesuai kewenangan.
- Menyelesaikan konflik di antara rekan kerja, atasan dan bawahan dengan netral.
- Berinteraksi dengan rekan kerja, atasan dan bawahan dengan sopan dan menjunjung tinggi etika.
- Menghindari diskusi yang fokus pada perbedaan SARA.
- Loyal :
“Kami berdedikasi tinggi terhadap kepentingan bangsa dan Negara”
Panduan Perilaku :
- Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
- Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.
- Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.
Perwujudan Perilaku :
- Menghindari tindakan, ucapan, perbuatan yang menjurus pada radikalisme yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.
- Menyebarkan informasi yang mendukung keutuhan NKRI
- Mencegah stuasi yang mengancam keutuhan NKRI
- Bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra instansi
- Melaksanakan keputusan pimpinan yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku.
- Menyebarkan informasi positif tentang ASN, Pemimpin Instansi dan Negara
- Menyimpan informasi rahasia dengan cara dan pada tempat yang aman
- Membagikan informasi rahasia hanya kepada pihak yang berwenang
- Mencegah situasi yang mengancam rahasia jabatan dan negara.
- Adaptif :
“Kami siap menghadapi ataupun menjadi motor perubahan dengan terus mengasah kreativitas dan berinovasi”
Panduan Perilaku :
- Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.
- Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.
- Bertindak proaktif.
Perwujudan Perilaku :
- Menyesuaikan diri di berbagai lingkungan kerja.
- Beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan.
- Menguasai dinamika perkembangan teknologi.
- Menyampaikan ide dan gagasan untuk kemajuan instansi dengan berani.
- Membuat inovasi yang mendukung tujuan instansi secara konsisten.
- Mengantisipasi permasalahan yang terjadi di masa mendatang dengan kritis.
- Menjalankan sistem kerja yang berbasis teknologi informasi.
- Mengidentifikasi potensi masalah dan solusinya.
- Menunjukkan keingintahuan yang tinggi terhadap hal baru.
- Memanfaatkan peluang untuk menghasilkan hal yang lebih baik.
- Kolaboratif :
“Kami saling bersinergi dalam bekerja sama”
Panduan Perilaku :
- Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
- Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.
- Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.
Perwujudan Perilaku :
- Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan pekerjaan.
- Memuji keunggulan dan prestasi orang lain.
- Membagi tugas, tanggung jawab, hak, dan kewajiban kepada setiap anggota tim kerja secara proporsional.
- Mengajukan diri terlibat dalam projek, secara sukarela.
- Bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam menyelesaikan pekerjaan.
- Mengakui saat berbuat kesalahan.
- Mendorong rekan kerja, atasan,dan bawahan untuk dapat terlibat aktif dalam pencapaian tujuan instansi.
- Membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan tim kerja.
- Mengoptimalkan sumber daya yang mendukung pencapaian kinerja instansi.